Laman

Pepatah Paling Tolol Se-dunia

Pagi ini saya bangun langsung nongkrong di toilet. Michael Schumacher pernah bilang kalo naik mobil F1 itu rasanya nggak jauh beda dengan duduk di closet. Tapi pagi ini Saya nggak ngebayangin lagi nyetir mobil F1. Imajinasi saya nggak ke situ. Saya berpikir tentang impian dan cita-cita yang ingin saya capai.

Tiba tiba saya teringat kata pepatah “Gantunglah cita-citamu setinggi langit”.

Saya tercenung begitu kalimat ajaib itu nongol di kepala saya. Sebagai lelaki, logika saya mulai bekerja. Saya pikir kata pepatah itu sungguh aneh. Saya ngerasain kejanggalan yang teramat besar. Tapi kali ini nggak bikin bulu kuduk merinding...

Bayangkan kalo kita akan menggantung jam dinding di ruang tengah. Berarti jam dinding itu sudah ada di tangan, trus kita menggantungnya di dinding yang udah ada pakunya. Kalau kita ingin menggantung cita-cita, berarti cita-cita itu udah ada di tangan alias udah tercapai. Kemudian kita disuruh menggantung cita-cita yang udah di tangan itu setinggi langit yang mana seperti kita ketahui bersama bahwasanya langit tersebut tidak ada batasnya. Orang Jawa bilang “unlimited”. Misalnya kita berhasil menggantungkan cita-cita kita di langit, abis itu mau diapain? Nggak ada instruksi selanjutnya gara-gara si pepatah tahu bahwa kita tidak pernah mungkin bisa menggantung barang apa pun di langit.

Pertanyaannya sekarang, kalau cita – cita udah di tangan, berarti udah diraih dong? Kalo udah diraih, kenapa harus digantung lagi? Di langit pula! Trus nanti kalau emang cita-cita itu tergantung di langit yang tinggi, gimana ngambilnya? Bukannya itu perbuatan bodoh yang hanya mempersulit diri sendiri? Trus kenapa si pepatah nyuruh kita menggantung cita-cita (yang udah tercapai itu) setinggi langit? Apakah si pepatah lagi ngerjain kita?
(dasar pepatah tolol, pasti dia gak tamat SD...hahahahaha)

1 komentar: